animasi

I Heart Mochi Media

Sabtu, 25 Februari 2012

minuman dan makanan berkhasiiat khass korea

  • Cha (차)
Cha dalam Bahasa Indonesia berarti teh. Teh yang paling khas di Korea adalah Hongsam Cha atau biasa disebut Teh Gingseng Merah. Bahasa Korea “ginseng” adalah Insam sedangkan untuk ginseng merah dinamakan Hongsam. Pada umumnya ginseng berupa akar dan berwarna putih. Ginseng yang bagus adalah gingseng yang telah tumbuh selama 6 tahun. Ginseng yang baru dipetik disebut Susam atau ginseng basah sedangkan yang dikeringkan di bawah sinar matahari disebut Baeksam atau ginseng putih, dan ginseng yang dikukus dalam suhu yang tinggi (80-90 derajat) disebut Hongsam. Ginseng pada umumnya memiliki sifat panas sehingga tidak cocok untuk orang yang berbadan panas. Namun, ginseng merah dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Khasiat Hongsam akan terasa jika dikonsumsi secara teratur dan terus menerus. Hongsam maupun Insam jarang sekali digunakan untuk bahan masakan kecuali dalam pembuatan Samgeatang (sup ayam) di Korea. Kebanyakan orang mengkonsumsi ginseng dengan mengambil air rebusan dari ginseng tersebut. Kadang-kadang masyarakat Korea merebus Hongsam atau Insam bersama dengan tumbuh-tumbuhan lain sehingga dapat meningkatkan khasiat dari ginseng tersebut.
  • Jus Subak (수박)
Nah Subak (수박) dalam Bahasa Indonesia berarti semangka jadi Jus Subak adalah jus semangka.
  • Tteokochi
Tteokochi disini hampir mirip dengan tteokbokki. Nah Tteokochi merupakan makanan khas korea dengan bahan baku tteok yang dalam Bahasa Indonesia berarti tepung beras.  Tepung tersebut kemudian dicampur dengan bumbu khas kemudian digoreng dan pada tahap terakhirnya dimasukkan ke dalam saus. Sewaktu beli Tteokochi ini rasanya berbeda dengan yang asli karena rasa Tteokochi yang seharusnya pedas, disini menjadi manis… :lol: Perbedaan tteokochi dan tteokbokki adalah pada cara pembuatannya. Pembuatan Tteokochi itu digoreng lalu dimasukkan kedalam saus sedangkan pada Tteokbokki itu direbus bersama dengan saus (tanpa digoreng terlebih dahulu).
  • Kimbab (김밥)
Kimbab terdiri dari dua kata yaitu Kim (김) yang berarti rumput laut dan Bab (밥) yang berarti nasi. Jadi Kimbab adalah nasi yang dibungkus rumput laut.  Sayangnya sewaktu beli ternyata Kimbabnya telah dimodifikasi yaitu kulitnya tidak hanya dari rumput laut tetapi juga ditambah dengan dadar telur…
  • Ramyeon (라면)
Ramyeon (라면) adalah mie ramen khas Korea, namun mie ini agak berbeda dengan ramen yang berasal dari Jepang. Ramyeon Korea, mienya seperti mie instan yang dijual kemasan di toko swalayan hanya saja dimasak dengan kuah yang sangat pedas dan biasanya ditambah sayuran, tteokbokki, daging, telur atau kimchi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar